Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Yayasan ORBIT peduli sesama

Share this history on :


Briefing dilakukan oleh salah satu staff Yayasan Orbit kepada volunteer sebelum melaksanakan kegiatan VCT (21/8/17) 


Yayasan Orbit bekerjasama dengan Dinas Kesehatan kota Surabaya dan Puskesmas Tenggilis untuk melakukan uji lab terkait dengan HIV AIDS. Yayasan Orbit bersama instansi terkait melakukan VCT. Secara harfiah artinya adalah Tes dan Konseling sukarela. Tetapi ini adalah kegiatan konseling bersifat sukarela dan rahasia, yang dilakukan oleh seorang konselor VCT yang terlatih, yang dilakukan sebelum dan sesudah test darah untuk HIV di laboratorium. Tes HIV dilakukan setelah klien terlebih dulu menandatangani inform consent (surat persetujuan tindakan).

VCT ini penting untuk dapat mengakses ke semua layanan yang dibutuhkan terkait pencegahan dan pengobatan HIV, AIDS, juga karena memberikan dukungan untuk kebutuhan kliennya seperti perubahan perilaku, dukungan mental, dukungan terapi ARV, dan pemahaman yang benar dan faktual tentang HIV, AIDS.

VCT ini dibutuhkan oleh semua orang yang ingin melakukan tes HIV dan untuk orang yang pernah melakukan tindakan maupun perilaku beresiko terjagkit HIV seperti aktifitas seksual, tindik tatoo, konsumsi narkoba melalui jarum suntik dan sebagainya.

Yayasan Orbit bersama instansi terkait bekerjasama melakukan VCT (21/8) di kantor Yayasan Orbit Surabaya Jl. Bratang Binangun VC No. 19 dan dibuka untuk umum. Meskipun dibuka untuk umum, namun VCT tersebut oleh Yayasan Orbit dikhususkan untuk seseorang yang beresiko terjagkit HIV seperti sudah disebutkan diatas.

 


Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment