Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Petugas Jemput Bola hingga ke Dermaga

Share this history on :
SURYA Online, SURABAYA - Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh tanggal 1 Desember lalu, dirayakan para pekerja di wilayah Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dengan menjalani pemeriksaan Valuntary Conseling and Test (VCT) secara gratis, Selasa (3/12/2013). Karena kesibukan, petugas pemeriksa VCT tidak hanya melakukan pemeriksaan di posko yang digelar di halaman kantor PT Pelindo III cabang Tanjung Perak, tapi juga keliling ke dermaga-dermaga, untuk menemui para pekerja Tenaga Bongkar Muat (TBM), supir truk, dan nahkoda serta anak buah kapal (ABK).

Meskipun gratis tak mudah bagi petugas untuk memberikan pelayanan pemeriksaan pada pekerja di Pelabuhan Tanjung Perak. Buktinya seorang paramedis bernama Budi. Ia harus mendkat dermaga Jamrud Utara sambil memberikan selebaran tentang  VCT.

“Kalau sudah membaca, silakan, kalau mau bertanya. Kalau tidak bertanya, mungkin mau yang di VCT. Untuk tahu kondisi tubuh atau darahnya. Nanti kalau sudah tahu, kalau yang positif bisa segera diobati agar tidak parah,” jelas Budi di hadapan pekerja bongkar muat, sopir truk, dan beberapa ABK yang berada di sebuah warung.

Bukannya berkomentar atau bertanya, orang-orang itu malah meninggalkan Budi seorang diri. Tapi salah satu di antara mereka ada yang kembali mendekat. Kemudian sambil berbisik, meminta bergeser ke tempat lain sambil menyatakan bersedia diperiksa.

Budi merupakan salah satu dari tim paramedis yang berkeliling melakukan pemeriksaan VCT. Tim lain ada pula yang melakukan jemput bola di dermaga lain atau tempat istrirahat para supir truk, ABK, dan pekerja TBM. Sementara posko utama, pemeriksaan VCT gratis berada di halaman kantor PT Pelindo III cabang Tanjung Perak. Kegiatan yang digelar oleh PT Pelindo III bekerjasama dengan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) dan Yayasan Orbit serta didukung oleh ILO (International Labour Organization), organisasi buruh dunia, itu untuk perayaan peringatan Hari AIDS Sedunia.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto mengatakan bahwa pemeriksaan VCT di Pelabuhan Tanjung Perak disambut antusias dan diikuti oleh puluhan orang yang merupakan pekerja di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak, meliputi petugas administrasi, petugas operasional, port security, tenaga kerja TKBM, sopir truck, nahkoda kapal, dan lain-lainnya. 

“Teknik pemeriksaan VCT pada hari ini menggunakan 2 (dua) metode, metode pertama pemeriksaan tempat yang telah disiapkan yaitu di halaman depan kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Sedangkan metode kedua, dilakukan pemeriksaan secara mobile, dimana pemeriksaan dilakukan di dalam mobile sehingga para tenaga kerja bongkar muat yang sedang di pelabuhan tidak perlu datang ke halaman kantor pelindo III, mereka langsung bisa melakukan pemeriksaan di lokasi yang tidak jauh dari tempat kerjanya“ jelas Edi.
Pemeriksaan VCT (Voluntary Counseling and Testing) adalah sebuah strategi kesehatan masyarakat yang efektif, karena orang-orang dapat mengetahui status HIV-nya sementara mereka masih menjalankan perilaku-perilaku berisiko.

VCT harus selalu merupakan keputusan yang perilaku-perilaku beresiko. VCT harus selalu merupakan keputusan yang berdasarkan individual informed. Voluntary, kesukarelaan terbukti mendorong orang-orang untuk mendatangi pusat-pusat layanan yang tadinya mereka hindari. Co
Testing, pengetesan yang berkualitas terbukti tes cukup beberapa menit saja, meningkatkan jumlah orang yang datang serta membutuhkan VCT.
unselling, konseling terbukti lebih efektif dari sekedar pemberian informasi kesehatan biasa.

Kegiatan peluncuran nasional VCT work di Indonesia yang jatuh bertepatan dengan hari AIDS sedunia yang memiliki tema “Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa dari HIV/AIDS” dilaksanakan secara nasional dan bersamaan dibeberapa tempat berbeda, dan untuk Propinsi Jawa Timur dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Berdasarkan kasus AIDS di Jawa Timur hingga medio 2012, kasus HIV/AIDS pada Ibu rumah tangga lebih tinggi dibandingkan pada pekerja seksual. Jumlah kasus AIDS pada perempuan terus meningkat, berdasarkan perbandingan surveillance terpadu, tren epidemi HIV dan AIDS pada pengguna Napza suntik menunjukkan tren yang menurun, namun tidak demikian pada gay, waria dan lesbi maupun heteroseksual yang menunjukkan peningkatan.

“Kami sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan teman-teman dari yayasan orbit dan PKBI, bahwa kedepan akan menyelenggarakan kegiatan serupa berupa pemeriksaan VCT dan penyuluhan-penyuluhan tentang HIV dan AIDS yang akan dilaksanakan di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, sambil menjaring para penumpang yang menunggu keberangkatan kapal ke luar Jawa” tandas Edi.

Sumber: http://surabaya.tribunnews.com/2013/12/03/petugas-jemput-bola-hingga-ke-dermaga
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment