Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pelindo III Peringati Hari Aids Dengan Pemeriksaan VCT

Share this history on :
 SURABAYA, Detak Berita – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III Persero bekerjasama dengan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) dan Yayasan Orbit serta didukung oleh ILO menggelar kegiatan pemeriksaan VCT (Voluntary Counseling and Testing) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka memperingati hari AIDS se-dunia.

Kepala Humas PT Pelindo III, Edi Priyanto, di Surabaya, Rabu (4/12/2013) mengatakan, pemeriksaan VCT di Pelabuhan Tanjung Perak disambut antusias dan diikuti oleh puluhan orang yang merupakan pekerja di lingkungan Pelabuhan Tanjung Perak yang meliputi petugas administrasi, petugas operasional, port security, tenaga kerja TKBM, sopir truk, nahkoda kapal. Teknik pemeriksaan VCT.

Edi menjelaskan, pemeriksaan telah menggunakan dua metode yakni, metode pertama pemeriksaan tempat yang telah disiapkan yaitu di halaman depan kantor Pelindo III Cabang Tanjung Perak. Sedangkan metode kedua, dilakukan pemeriksaan secara mobile, dimana pemeriksaan dilakukan di dalam mobile sehingga para tenaga kerja bongkar muat yang sedang di pelabuhan tidak perlu datang ke halaman kantor Pelindo III.
“Mereka langsung bisa melakukan pemeriksaan di lokasi yang tidak jauh dari tempat kerjanya,“ jelas Edi.

Dia menuturkan, pemeriksaan VCT adalah sebuah strategi kesehatan masyarakat yang efektif, karena orang-orang dapat mengetahui status HIV-nya, sementara mereka masih menjalankan perilaku-perilaku beresiko. VCT harus selalu merupakan keputusan yang berdasarkan individual informed.

Voluntary, kesukarelaan terbukti mendorong orang-orang untuk mendatangi pusat-pusat layanan yang tadinya mereka hindari. Sedangkan Counselling, konseling terbukti lebih efektif dari sekedar pemberian informasi kesehatan biasa. Testing, pengetesan yang berkualitas terbukti tes cukup beberapa menit saja, meningkatkan jumlah orang yang datang serta membutuhkan VCT.

Lebih lanjut dia mengatakan, kegiatan peluncuran nasional VCT Work di Indonesia yang jatuh bertepatan dengan hari AIDS se-dunia yang memiliki tema Lindungi Pekerja, Keluarga dan Bangsa dari HIV/AIDS dilaksanakan secara nasional dan bersamaan di beberapa tempat berbeda, dan untuk Propinsi Jawa Timur dilaksanakan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

Berdasarkan kasus AIDS di Jawa Timur hingga medio 2012, kasus HIV/AIDS pada Ibu rumah tangga lebih tinggi dibandingkan pada pekerja seksual. Jumlah kasus AIDS pada perempuan terus meningkat, berdasarkan perbandingan surveillance terpadu, tren epidemi HIV dan AIDS pada pengguna Napza suntik menunjukkan tren yang menurun, namun tidak demikian pada gay, waria dan lesbi maupun heteroseksual yang menunjukkan peningkatan.

“Kami sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan teman-teman dari yayasan orbit dan PKBI, bahwa ke depan akan menyelenggarakan kegiatan serupa berupa pemeriksaan VCT dan penyuluhan-penyuluhan tentang HIV dan AIDS yang akan dilaksanakan di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, sambil menjaring para penumpang yang menunggu keberangkatan kapal ke luar Jawa,” pungkasnya. (slamet riyadi)

Sumber: http://detakberita.com/pelindo-iii-peringati-hari-aids-dengan-pemeriksaan-vct/
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment