Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pemeriksaan VCT Gratis Di Pelindo III

Share this history on :
SURABAYA – Dalam memperingati Hari AIDS se-dunia , PT Pelindo III, PKBI serta Yayasan Orbit menyelenggarakan kegiatan pemeriksaan Voluntarily Counseling Test (VCT) di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (3/12/2013). Kegiatan yang didukung oleh International Labour Organization (ILO) ini disambut baik oleh pekerja-pekerja di kawasan pelabuhan perak tersebut.

Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto mengatakan bahwa kegiatan tersebut di atas untuk memperingati hari AIDS se-dunia yang di masing-masing provinsi dipusatkan di pelabuhan, khususnya di jawa timur dipusatkan di pelabuhan Tanjung Perak.

“Kegiatan untuk memperingati hari AIDS se-dunia ini sebenarnya didukung oleh International Labour Organization dan yang melaksanakannya adalah Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Timur kemudian dilaksanakan oleh Yayasan Orbit,” jelas Edi.

Lebih lanjut Edi menjelaskan, bersama-sama menyelenggarakan test virus HIV-AIDS khususnya di lingkungan pelabuhan. Teknik pemeriksaan itu sendiri ada dua metode yaitu satu pemeriksaan yang sudah disiapkan dilokasi di lapangan parkir Pelindo III dan yang kedua dengan sistem mobile yang artinya ada unit pemeriksaan yang keliling di kawasan pelabuhan.

Test VCT ini, yang menjadi sasaranya adalah pekerja – pekerja pelabuhan, “Sasarannya adalah pekerja di lingkungan pelabuhan Tanjung Perak yang meliputi pekerja bongkar muat, tenaga-tenaga pekerja kawasan kontainer, petugas operasional pelabuhan, termasuk petugas dari Pelindo sendiri,” tandas Edi.

Sedangkan dari pantauan MATAHATI sejak jam 9.00 pagi yang mengikuti test VCT ini terus mengalir tanpa henti, “Alhamdulillah sejak pagi hari pukul 9 yang mengikuti tes HIV AIDS ini terus mengalir ini berarti antusias warga di kawasan pelabuhan tanjung Perak terhadap tes HIV AIDS ini sangat tinggi,” jelas Edi.

Untuk ke depannya, lebih lanjut dijelaskan oleh Edi bahwa Pelindo bersama Yayasan Orbit akan menyelenggarakan kegiatan serupa sa’at keberangkatan kapal. “”Kami sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan teman-teman dari yayasan orbit dan PKBI, bahwa kedepan akan menyelenggarakan kegiatan serupa berupa pemeriksaan VCT dan penyuluhan-penyuluhan tentang HIV dan AIDS yang akan dilaksanakan di terminal penumpang Pelabuhan Tanjung Perak, sambil menjaring para penumpang yang menunggu keberangkatan kapal ke luar Jawa,” pungkas Edi. (mh1/dik)

Sumber: http://matahati.co/omegnews/?p=2084
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment