Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pecandu Narkoba Bagikan Sembako kepada Masyarakat Miskin di Surabaya

Share this history on :
Anggota Mejacom Kemas Sembako dan Pakaian Bekas Layak Pakai


Surabaya - Pecandu narkoba lekat dengan stigma negatif di masyarakat. Masyarakat masih menganggap pecandu narkoba merupakan sampah masyarakat dan penyakit. Tak heran bila dalam diri pecandu selalu dicap jelek. Berangkat dari stigma inilah, komunitas pecandu yang sedang mengikuti terapi rumatan metadon di Puskesmas Jagir yang bernama MEJACOM menyelenggarakan bakti sosial dengan membagi-bagikan pakaian layak pakai dan sembako kepada masyarakat yang tidak mampu di lingkungan Puskesmas Jagir.

Sekitar 30 warga kurang mampu dan tukang becak di sekitar Puskesmas Jagir menerima pakaian bekas layak pakai dan sembako dari para pecandu narkoba. "Ini sebagai bentuk kepedulian kami sebagai Pecandu atas warga sekitar puskesmas yang kami anggap kurang mampu. Hal ini sekaligus sebagai upaya kami dalam mengurangi stigma yang melekat pada kami. Kami tidaklah seburuh apa yang selama ini dinilai masyarakat. Kami anak bangsa yang butuh pertolongan dari derita pengaruh Napza," kata Hendra, koordinator Mejacom, Selasa (19/2).

Ditambahkan Hendra, pakaian bekas layak pakai dan sejumlah sembako ini dikumpulkan dari swadaya anggota mejacom dan beberapa donatur di Surabaya. "Kita sudah mengumpulkan sekitar 30 kantong plastik pakaian bekas layak pakai, 60 kg beras, 30 kg gula pasir, dan 30 liter minyak goreng. "Kami menguncapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang membantu dan berperan dalam bakti sosial ini," katanya.

MEJACOM (Methadone Jagir Community) merupakan suatu komunitas yang terbentuk sebagai wadah positif dan beranggotakan teman-teman PENASUN (Pengguna NAPZA Suntik) yang sedang mengikuti terapi substitusi  di PTRM (Poliklinik Terapi Rumatan Methadone) Puskesmas Jagir. Menurut Hendra, tujuan terbentuknya MEJACOM pada November 2009 lalu suatu komunitas atau wadah sebagai Pengontrol dan pengendali perilaku, membentuk rasa solidaritas senasib dan kekeluargaan, dan keinginan untuk dapat mengembangkan kreatifitas agar dapat mandiri dan berdayaguna.

Dalam mendukung program pemerintah penggurangan dampak buruk Napza yang tertuang dalam Strategi Rencana Aksi Nasional maupun Daerah, terdapat butir penciptaan lingkungan kondusif dalam seluruh rangkaian pelaksanaan program. Penciptaan lingkungan kondusif ini salah satunya mengurangi stigma dan diskriminasi yang ada di masyarakat.

"Kami juga mengenalkan kepada masyarakat, apa dan siapa kami dan MEJACOM. Sekaligus kegiatan ini sebagai upaya memperat persaudaraan antar sesama korban NAPZA serta menjalin kerjasama dengan pihak layanan dalam hal ini Puskesmas Jagir, LSM, Stakeholder dan Pemerhati NAPZA," katanya.
(WTO)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment