Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Surabaya Diminta Sediakan Shelter Penampungan HIV/AIDS

Share this history on :
suarasurabaya.net - Jaringan LSM peduli HIV/AIDS Surabaya desak pemerintah libatkan mereka dalam penyusunan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang HIV/AIDS di Surabaya.

Beberapa LSM yang menyuarakan hal ini diantaranya adalah dari Yayasan Gaya Nusantara, Yayasan Genta, Yayasan Perwakos (Persatuan Waria Kota Surabaya), Yayasan Orbit, serta Yayasan Embun Surabaya.

Mereka kawatir, proses penyusunan perda tanpa melibatkan para LSM ini, hanya akan menjadikan perda tidak menyentuh substansi masalah.

"Misalkan di perda yang saat ini disusun kami melihat belum ada pasal yang mengatur mengenai rumah pemulihan atau shalter," kata Irma dari Perwakos, ketika menggelar pertemuan pers, Selasa (22/1/2013).

Padahal, shelter ini sangat dibutuhkan untuk membantu penangan orang dengan HIV/AIDS (Odha). Apalagi odha tidak hanya penyakit secara fisik melainkan juga ada problem psikologis yang dialami odha dan ini harus disembuhkan.

 "Mereka tidak cukup dirawat di rumah sakit, melainkan juga harus terus didampingi hingga secara psikologis bisa kuat," kata Joris Lato dari Yayasan Embun Surabaya.

Rudhy Sinyo, dari Yayasan Orbit, mengatakan dalam perda tersebut juga tidak mengatur secara spesifik mengenai proses pemulangan Wanita Tuna Susila (WTS) yang saat ini gencar dilakukan pemerintah.

Padahal, kata Sinyo, pemulangan WTS tidak akan menyelesaikan masalah jika sebelum dipulangkan para WTS ini tidak dilakukan pembinaan secara menyeluruh. "Yang dibutuhkan tidak hanya pelatihan kerja, tapi bagaimana mereka bisa sadar untuk tidak lagi mengeksploitasi tubuhnya," kata dia.

Selain itu, pemulangan WTS dengan cara menutup lokalisasi dinilai juga malah akan membuat proses pencegahan penularan HIV/AIDS akan sulit dilakukan.

Haris Sabit dari Yayasan Genta Surabaya, mengatakan jika penunjukan tujuh rumah sakit sebagai rujukan odha juga menyesatkan. "Karena di Surabaya itu hanya RSU dr Soetomo yang siap layani dengan utuh. Sehingga kalau odha di bawa ke RS diluar dr Soetomo malah susah tertangani," kata Haris.

(fik) Teks Foto : - Beberapa LSM peduli HIV/AIDS gelar pertemuan, Selasa (22/1/2013). Foto : Taufik suarasurabaya.net

 (Sumber: http://kelanakota.suarasurabaya.net/news/2013/114246-Surabaya-Diminta-Sediakan-Shelter-Penampungan-HIV-atau-AIDS)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment