Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Sosialisasi Tema Hari AIDS Sedunia

Share this history on :

Surabaya –Menyambut Peringatan Hari AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember nanti, Komisi Penangulangan AIDS(KPA) Kota Surabaya sosialisasikan tema peringatan kepada para stakeholder penanggulangan AIDS di Surabaya. Dalam peringatan tahun ini, tema nasional yang akan diusung adalah “Lindungi Perempuan dan Anak dari HIV dan AIDS”.
“Tema ini diambil karena ternyata kasus penderita HIV/AIDS paling banyak ditemukan di kalangan ibu rumah tangga,” kata Emi Yuliana Pengelola Program KPA Kota Surabaya, di Kantor Dinas Kesehatan Surabaya (04/09/12).
Menurut Emi, kelompok ibu rumah tangga ini patut diberikan penekanan perhatian karena ternyata dalam dua tahun terakhir ini kasus-kasus penderita HIV/AIDS banyak ditemukan di kalangan ibu rumah. Bahkan trendnya cenderung meningkat. Ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang kasusnya banyak ditemukan di kalangan Pekerja Seks Komersial (PSK) .
“Dibandingkan dengan PSK, trend angka peningkatannya cenderung signifikan,” ujarnya.
Apa yang dikatakan oleh Emi ini juga diamini oleh dr. Kartika, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar  Dinas Kesehatan Kota Surabaya.
Kata Kartika, selama ini puskesmas-puskesmas di Surabaya sulit untuk mendeteksi penderita HIV/AIDS di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Sebenarnya puskesmas-puskemas memiliki program untuk ibu-ibu rumah tangga. Namun program ini baru sebatas kelas untuk para ibu hamil.
Untuk itu, dia mengusulkan agar dalam peringatan HIV/AIDS akan datang, sebaiknya sudah ditemukan tools yang dapat digunakan untuk mendeteksi kasus HIV/AIDS di kalangan ibu rumah tangga. Nah, untuk itu, Kartika mempunyai gambaran untuk membuat kartu skor yang dibagikan kepada para ibu hamil yang mengunjungi puskesmas. Kartu skor ini merupakan self assessment untuk mengetahui apakah ibu tersebut termasuk dalam kelompok yang beresiko atau tidak.
“Dari kartu skor itu kita bisa mengetahui apakah seorang ibu hamil termasuk dalam kelompok rentan HIV/AIDS. Kita kemudian bisa melakukan konseling,” ujar Kartika.
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment