Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Penyegaran Petugas Harm Reduction Jawa Timur

Share this history on :
Surabaya (Orbit) - Dalam meningkatkan kualitas penjangkauan kepada Pengguna Napza Suntik (Penasun) yang dilakukan oleh petugas lapangan pelaksana program Harm Reduction (HR), KPA Provinsi Jawa Timur mengadakan pelatihan penyegaraan (5/12) di ruang diklat Dinas Pendidikan-Cipunegara Surabaya.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama 5 LSM HR diantaranya Yayasan Sadar Hati Malang, Yayasan Bambu Nusantara Madiun, Yayasan Orbit Surabaya, Lembaga Kopenham Mojokerto dan Yayasan Bina Hati Surabaya dilangsungkan melalui koordinasi KPA Provinsi Jatim.

Menurut Shelfi Apriliana selaku program officer HR KPA Provinsi Jatim mengatakan bahwa pelatihan penyegaran ini dilakukan sebanyak 2 kali yaitu di wilayah Malang dan Surabaya. “Di wilayah Malang sudah dilakukan pada bulan November yang lalu dengan 2 LSM, sedang wilayah Surabaya dengan 3 LSM, baru saat ini dapat dilakukan” katanya.

Kegiatan yang diikuti kurang lebih 80 orang ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan staf LSM tentang informasi HIV/AIDS terkini terkait dengan perawatan dan pengobatan, pemetaan dan permasalahan sosial penasun, HR dan kebijakan terkini, konsep perubahan perilaku dan lain sebagainya.

Dalam pemberian materi yang diberikan, Shelfi menegaskan bahwa kegiatan ini akan di dukung oleh nara sumber yang kompeten sesuai dengan keahliannya. Dengan demikian harapannya bahwa dapat terjadi peningkatan kapasitas ketrampilan dan pengetahuan staf LSM dalam melakukan kegiatan countinuum intervensi pada persoalan HIV dan AIDS. “Tidak hanya itu saja, kapasitas terkait kegiatan intervensi perubahan perilaku dan struktural juga ditingkatkan”, ungkapnya. (RS)

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment