Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Sistem Buka Tutup Layanan Metadhon PKM Jagir

Share this history on :
Surabaya (Orbit) - Layanan poli rumatan Metadhon di PKM Jagir menggunakan system buka-tutup. Layanan dibuka setiap hari pada jam 07.30-08.30. kemudian buka lagi pada pukul 11.00-13.00. Sistem layanan ini tidak seperti biasanya dilakukan di PKM jagir, yang dibuka setiap hari pada pada pukul 08.00-12.00.

Perubahan jam layanan ini menjadi kendala bagi pasiennya. Mereka mengeluhkan system layanan yang baru ini dikarenakan terlalu pagi. Disamping itu pula ada pasien yang berdomisili di luar kota Surabaya. Mereka berharap system layanan yang baru ini kembali seperti semula.

Namun hal ini ditolak oleh wakil kepala PKM jagir dalam hal ini dr Endang. Menurutnya karena banyaknya SDM dari pihak Puskesmas_jagir sedang cuti. “Aturan ini tidak baku. Ini hanya berlangsung sementara,sambil menunggu petugas yang cuti kembali bekerja,” katanya.

Namun Kepala Program Rumatan Matadhon PKM Jagir, Noval menganggap system layanan Metadhon yang baru ini sudah sesuai dengan kondisi sumber daya PKM Jagir yang saat ini ada. Noval menyarankan apabila ingin mengubah sistem layanan yang baru ini harus ada persetujuan dalam bentuk tanda tangan di atas kertas sebanyak 25 pasien Metadhon.

Sistem layanan Metadhon di PKM Jagir yang baru ini tidak seperti layanan –layanan Metadhon di Surabaya maupun di daerah lain. Seperti contohnya layanan Metadhon di RS. Dr Soetomo – Surabaya yang buka setiap hari mulai pukul 08.00- 13.00 tanpa harus berhenti. Bahkan layanan Metadhon di RS.Dr. Sardjito Yogyakarta selalu On call. Artinya apabila ada pasien yang datang pada jam “off” perawat dapat menghubungi dokter untuk kelancaran layanan Metadhon. Saat itu pun dokter langsung datang untuk memberikan layanan.

Namun Noval tetap berpendirian menjalankan layanan Metadhon karena hal ini merupakan keputusan dari pihak Puskesmas Jagir. Banyak pasien umum yang datang ke PKM Jagir dijadikan alasan untuk menomorduakan pasien Metadhon.-eQ-

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment