Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Yayasan Orbit Gelar Mobile Klinik Bagi Penasun dan Pasangannya

Share this history on :
Surabaya – Yayasan Orbit bekerjasama dengan PKM Perak Timur menggelar mobile klinik bagi penasun dan pasangannya. Mobile klini yang diselenggarakan pada Selasa (23/8) diselenggarakan di Drop in Center (DIC) Yayasan Orbit.

Menurut konselor HCT Yayasan Orbit, Sari Novia mobile klinik ini dilakukan dalam upaya untuk membangun kerjasama dengan layanan yang ada di Surabaya. Disamping itu, kata Via, panggilan akrabnya, mobile klinik ini diselenggarakan juga dalam upaya meminimalisir perilaku resiko ganda penasun dan pasangan dari Infeksi Menular Seksual (IMS).

“Kita selenggarakan mobile klinik ini dalam 2 bulan sekali. Harapannya ke depan IMS dan Sipilis terutama bagi dampingan bisa diminimalisir. Sehingga teman-teman penasun ketika berhubungan seksual diharapkan memakai kondom,” katanya.

Layanan yang diberikan dari mobile klinik ini diantaranya layanan IMS, Sifilis, dan tes HIV. Layanan ini diikuti oleh sekitar 16 penasun dan 1 pasangan. Mereka diantaranya 15 penasun mengikuti tes IMS dan Sipilis, 1 penasun serta satu pasangan mengikuti tes HIV.

Dalam mobile klinik kemarin ditemukan salah satu kasus yakni seorang penasun dengan inisial KJ. Pria ini ternyata ditemukan hampir sebulan mempunyai keluhan di sekitar alat kelaminnya, tetapi dia merasa malu jika harus pergi ke rumah sakit dan berkonsultasi dengan dokter. Dia hanya mengobati luka tersebut dengan alkohol swap.
Setelah dilihat oleh tenaga kesehatan dari puskesmas Perak Timur kemungkan klien terinfeksi sifilis. “Namun semua itu masih dalam dugaan. Kita menunggu hasil tes sifilis agar lebih akurat. Kita juga berikan obat untuk profilaksis dan jika hasil tes sifilisnya positif klien kita sarankan untuk datang ke puskesmas perak timur untuk diberikan obat injeksi,” kata Via. (Sari)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment