Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Jejaring Mitrakerjasama Dalam Pelaksanaan Program GF Round 8

Share this history on :
Dalam memperkuat program “Mengurangi kesakitan dan kematian akibat HIV serta memperkuat sistem komunitas dan sistem kesehatan untuk meningkatkan cakupan” yang merupakan dukungan Global Fund Round 8 - Fase 2 di provinsi Jawa Timur. Yayasan Orbit sebagai koordinator program yang telah di pilih oleh PKBI Jawa Timur melakukan penjaringan mitra kerjasama dalam pelaksanaan program tersebut.

Penjaringan ini dilakukan melalui tahapan publikasi di mailing list terkait isu HIV-AIDS, jejaring sosial dan jejaring kerja. Tahapan selanjutnya dilakukan seleksi dan pemilihan organisasi terpilih yang kemudian dilakukan lokakarya sehari sebagai perkenalan dan strat-up pelaksanaan program. Serangkaian kegiatan penjaringan ini pada prinsipnya Yayasan Orbit yang telah diberikan kepercayaan oleh PKBI Jawa Timur dalam kegiatan upaya pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS di Kota Surabaya, Kab Sidoarjo, Kota dan Kab Mojokerto, mengharapkan bahwa kerjasama ini dapat dibangun secara sejajar, transparansi, akutanbel, produktif dan penuh tanggungjawab dalam mewujudkan Good NGO Governance.

Dalam penjaringan kerjasama dengan masyarakat sipil ini, salah satu konsentrasi Yayasan Orbit dalam pemilihan ditentukan berdasarkan spesialisasi isu yang menjadi fokus organisasi pengaju, berikut legalitas formal mengenai keberadaan organisasi dalam menjalankan fungsi sebagai masyarakat sipil. Selain itu, faktor pengalaman, domisili area kerja dan kredibilitas dalam upaya penanggulangan HIV-AIDS menjadi salah satu faktor yang tidak dapat ditinggalkan dalam proses seleksi.

Untuk memudahkan organisasi masyarakat sipil dalam penjaringan kerjasama ini, telah ditentukan area kerjasama yang berada di Kota Surabaya, Kab Sidoarjo, Kota dan Kab Mojokerto yang melingkupi komunitas IDUs, WPS, TRG, MSM, HRM dan PLHIV. Dalam proses penjaringan ini telah terdapat 12 organisasi yang menyatakan ketertarikan untuk dapat menjalin kerjasama dalam pelaksanaan program.

Hasil dari penjaringan ini telah terpilih 8 organisasi masyarakat sipil diantaranya adalah Yayasan Genta, Yayasan Gaya nusantara, Lembaga KP Mahameru, Yayasan Mojopahit, Lembaga Kopenham, Yayasan DCC, Yayasan Perwakos dan Yayasan Bina Hati.

Rangkaian selanjutnya adalah melakukan pertemuan lokakarya sehari dalam mempersiapkan pelaksanaan program yang dilakukan di RM Kartika, selasa (16/8) dengan dihadiri oleh pimpinan organisasi terpilih. Dalam pertemuan ini diikuti oleh KPA Provinsi Jatim serta KPA Surabaya, KPA Kab Sidoarjo dan KPA Kab Mojokerto sebagai pengamat penyelenggaraan kegiatan dalam pembahasan skema, target, kerangka kerja, kegiatan detail, mekanisme koordinasi, keterbukaan anggaran, sistem pelaporan, dll. Dalam kegiatan ini, Yayasan Orbit di bantu oleh Program Officer dari PKBI Jawa Timur untuk dapat memberikan paparan mengenai penjelasan pelaksanaan program. RS.
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment