Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Risma: Saya Jamin Pembiayaan Rehabilitasi Narkoba

Share this history on :

SUM (Scaling up at Most At Risk Populations) Program yang merupakan dukungan dari USAID memperkenalkan mitra kerjanya yang terdiri dari LSM Lokal yaitu Yayasan Orbit, Yayasan Gaya Nusantara, Yayasan Genta dan Perwakos (Persatuan Waria Kota Surabaya) kepada Walikota Surabaya.

Pertemuan yang diselenggarakan di ruang rapat sidang walikota ini, Rabu (6/7) memaparkan rencana program yang kan dilakukan dalam penangganan kelompok populasi kunci (Pengguna Napza Suntik-Penasun, Laki-laki suka laki-laki, Waria dan Wanita Pekerja Seks) dalam mendukung strategi dan rencana aksi Nasional dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS.

Pertemuan yang juga dihadiri kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) langsung dipimpin oleh Ir. Tri Rismaharini, MT selaku walikota. Risma panggilan akrabnya, menekankan bahwa keterpaduan multi pihak diharapkan dapat memberikan upaya yang maksimal dalam penangganan permasalahan ini. Walikota yang dikenal dekat dengan warganya ini juga menunjukan ilmu eksaknya, bahwa isu sosial pun dapat dihitung secara matematika. Antusiasme ini juga terlihat dalam pertemuan yang tiba-tiba saja Risma langsung mengambar perencanaan perhitungan pemetaan dan perencanaan untuk menghitung kesenjangan upaya pencegahan dan penanggulangan yang menjadi peran dan tanggung jawab pemerintah kota Surabaya.

Dalam kegiatan ini juga digunakan kesempatan untuk ajang tanya jawab oleh teman-teman LSM, salah satu penanya adalah Direktur Yayasan Genta yang menanyakan mengenai respon pemerintah kota Surabaya tentang Raperda HIV dan AIDS kota Surabaya yang merupakan inisiatif KPA Kota dan Dinas Kesehatan yang masih berada di bagian hukum Pemkot. Pertanyaan ini langsung direspon dengan menyatakan secara tegas bahwa dirinya siap menjadi martir dalam pelaksanaan program HIV dan AIDS dengan ada atau tidaknya kebijakan program harus dapat berjalan.

Dilain hal ketika disinggung tentang wacana pembangunan panti rehabilitasi Narkoba oleh Yayasan Orbit, Risma merasa keberatan akan pembangunan tersebut, namun menyatakan memberikan jaminan untuk pembiayaan bagi warga kota Surabaya yang ingin berhenti menggunakan Narkoba sesuai prosedur yang berlaku. (TPF)

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment