Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

KPA Kota Surabaya: Sosialisasi Pembuatan Pelaporan Data Rencana Aksi Nasional (RAN)

Share this history on :

Menindaklanjuti penerapan Sistem Pencatatan dan Pelaporan berbasis website oleh KPA Nasional yang dilakukan secara serentak di jajarannya. KPA Kota menyelenggaran kegiatan sosialisasi pembuatan pelaporan indikator Rencana Aksi Nasional (RAN) dan laporan kegiatan yang telah dilakukan oleh instansi/dinas terkait yang merupakan jajaran KPA Kota Surabaya.

Kegiatan ini dilakukan di gedung Aryasatya Husada yang merupakan gedung pertemuan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Jumat (8/6), dihadiri oleh 30 peserta yang terdiri dari LSM Peduli HIV/AIDS dan Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD). Sasaran peserta ini adalah pengelola program maupun bagian monitoring dan evaluasi program di instasi setempat. Sehingga diharapkan peserta dapat mengisi format pelaporan dengan benar sesuai dengan Definisi Operasional, mekanisme pelaporan ke KPA Kota Surabaya dan peserta mengetahui cara mengakses hasil/feedback laporan melalui website.

Pertemuan ini memiliki latar belakang bahwa seiring pelaksanaan Strategi dan Rencana Aksi Nasional (SRAN) Penanggulangan HIV dan AIDS 2010 – 2014 dan dalam rangka memaksimalkan tugas dan fungsi KPA Nasional dan Provinsi, serta KPA di Kabupaten / Kota sesuai dengan Peraturan Presiden RI No. 75 tahun 2006 dan Permendagri No. 20 Tahun 2007, terkait dengan pencatatan dan pelaporan kegiatan, maka kegiatan untuk meningkatkan kualitas data capaian program penanggulangan HIV dan AIDS harus sedapat mungkin dilakukan secara optimal.

Dengan demikian, sebagai salah satu dari kegiatan yang tertuang dalam SRAN, proses Monitoring dan Evaluasi membutuhkan data yang terintegrasi dalam suatu sistem yang baik untuk kemudahan akses dan analisa. Sehingga penerapan Sistem Pencatatan dan Pelaporan berbasis website oleh KPA Nasional dapat disajikan menjadi lebih berkualitas untuk pemenuhan kepentingan berbagai pihak.

Pada kesempatan ini, dr. Ina Aniati selaku sekretaris KPA Kota Surabaya juga menyampaikan perkembangan permintaan walikota Surabaya mengenai pemetaan yang lebih mendalam tentang kesenjangan dukungan pemerintah kota Surabaya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan HIV dan AIDS. Sesi ini kemudian dilanjutkan oleh Meytha Nurani sebagai koordinator SUM Program Provinsi Jawa Timur untuk menyampaikan skema pemetaan secara sederhana yang mudah diaplikasi oleh pelaksana program guna dapat memenuhi permintaan walikota Surabaya dalam mengidentifikasi kesenjangan pelaksanaan program HIV. Sehingga diharapkan dengan adanya data pemetaan ini, pemerintah kota Surabaya, baik dari segi anggaran maupun peran SKPD dapat di segera ditindaklanjuti oleh walikota. (TPF)



Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment