Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Pengguna Napza Suntik

Share this history on :

Dalam penjangkauan terhadap penasun di wilayah Sukolilo ini diperkirakan terdapat kurang lebih sekitar 50 penasun. Mereka banyak yang sudah mulai beralih ke Metadhon. Bahkan banyak juga dari mereka yang sudah berhenti atau abstinen. Untuk mereka yang mengikuti terapi methadone di RSJ Menur dan membentuk komunitas sendiri bernama MMC (Methadone Menur Community).

Saat ini yang telah mengikuti terapi methadone kurang lebih sekitar 20 orang. Rata-rata dosis yang diminum antara 25 – 30 mili liter. Mereka murni hanya menggunakan methadone, tidak dicampur dengan obat-obat lainnya seperti camlet, valisanbe, amitriphilin, dan lainnya. Tidak seperti komunitas methadone lainnya yang masih mencampur methadone dengan obat-obatan daftar G.

Hal ini karena tingkat kesadaran penasun sudah mulai muncul. Disamping juga perawatan di RSJ Menur sudah cukup baik. Terbukti tingkat emosional antara pelayan dengan penasun cukup baik. Di Menur sendiri, juga terdapat kegiatan pertemuan penasun yang diselenggarakan setiap seminggu sekali dengan difasilitasi LSM Orbit.

Sementara untuk penasun yang berhenti, mereka mayoritas mengikuti program PABM di Yayasan Harapan Kita, Surabaya. Ini tak lepas dari peran Yayasan Orbit dalam upaya meningkatkan kesadaran pentingnya hidup sehat. Mereka yang mengikuti program ini kurang lebih sekitar 10 orang. Tapi yang menjadi pekerjaan ke depannya adalah tindaklanjut setelah mengikuti program PABM. Karena setelah mengikuti program ini ada juga yang kembali menggunakan NAPZA. (witanto dan Aan)

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment