Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Puluhan Awak Bus dan Calon Penumpang Ikuti Test HIV

Share this history on :
SIDOARJO (suarakawan.com) – Puluhan awak bus serta calon penumpang yang ada di ruang tunggu Terminal Purabaya Surabaya di Bungurasih Sidoarjo, lakukan tes darah di area ruang tunggu terminal purabaya Surabaya Di Sidoarjo, Senin (24/06) sore.
 
Tes darah yang dilakukan oleh Yayasan Orbit (Our Roght To be Independent) itu untuk mengetahui adanya gejala virus HIV yang ada di wilayah Sidoarjo-Surabaya.

Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS) yang diselenggarakan oleh yayasan Orbit ini, langsung meminta secara langsung kepada para calon penumpang bus atau awak bus yang ada di terminal tersebut.

Seperti yang dituturkan oleh Project Manager Yayasan Orbit Alex Kurniawan. Ia mengatakan, para awak bus ini merupakan salah satu dari sekian banyak pekerjaan yang beresiko terkena HIV/AIDS.
“Tes ini sengaja kami lakukan di sini (ruang tunggu terminal) mereka kami ajak untuk melakukan tes ini supaya bisa mengetahui secara dini kondisi dari para awak bus itu sendiri serta para calon penumpangnya,” ujar Alex. 

Masih kata Alex, selain para awak bus, dalam kegiatan ini juga diikuti oleh para calon penumpang yang kebetulan sedang singgah di Terminal Purabaya Surabaya.

“Mereka yang ikut dalam tes ini langsung diambil darahnya untuk selanjutnya akan dites dengan menggunakan alat khusus dan bisa diketahui hasilnya secara langsung mereka positif atau tidak,” ucapnya
Ia mengatakan, untuk melakukan tes ini, pihaknya sengaja menggandeng petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sidoarjo dan juga para relawan.

“Selain melakukan tes, kami juga memberikan penyuluhan kepada penumpang bus dengan cara membagikan brosur serta kondom sebagai bentuk perilaku seks yang aman,” katanya.

Dalam beberapa menit pelaksanaan tes yang dilakukan di Terminal Purabaya pihaknya berhasil menjaring sedikitnya 70 orang awak bus dan juga calon penumpang untuk mengikuti tes ini.

Sementara itu, menurut Indrawan salah seorang penumpang yang kebetulan menunggu bus jurusan Jawa tengah mengaku senang dengan adanya tes ini karena bisa mengetahui sejak dini apakah seseorang itu terkena HIV/AIDS atau tidak.

“Saya sangat setuju dengan kegiatan seperti ini, karena kita akan tahu kondisi kita sehat atau tidak dan kalau bisa tes darah seperti ini harus dilakukan bukan hanya di terminal saja. Namun kalau bisa dilakukan disetiap stasiun, bandara udara dan tempat-tempat umum lainya yang notabenya selalu dikunjungi oleh masyarakat banyak,” tuturnya. (dik/era)

Sumber: http://suarakawan.com/24/06/2013/puluhan-awak-bus-dan-calon-penumpang-ikuti-tes-hiv/
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment