Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Orbit: Promkes AIDS ke Masyarakat Kerjasama dengan Puskesmas

Share this history on :
Surabaya - Kerjasama Yayasan Orbit dengan Puskesmas tidak hanya dilakukan dengan menitikberatkan aspek kuratif. Pasalnya, kerjasama selama ini terkesan ditujukan untuk memperkuat sistim rujukan kelompok resiko tinggi dalam peningkatan akses layanan kesehatan.

Dalam tahun 2013, Yayasan Orbit yang memiliki pilot project pemberdayaan masyarakat bekerjasama dengan KPA kecamatan Gubeng dan Tambaksari. Kerjasama ini digunakan untuk membangun hubungan kemitraan dengan Muspika setempat. Kemitraan ini tidak terlepas  pada Muspika berbasis kesehatan dengan bekerjasama melalui Puskesmas yang berada di dua kecamatan tersebut.

Menurut Syamsul Arifin selaku Program Manager Harm Reduction di Yayasan Orbit yang ditemui diruang kerjanya, Jumat (15/1) mengungkapkan bahwa Puskesmas Rangkah merupakan salah satu institusi yang tengah di bangun hubungan kerjasama dengan organisasinya.

"Tidak hanya Puskesmas Rangkah, ada juga Puskesmas Pucang dan Mojo" tuturnya.

Menurut dia, hubungan kerjasama ini melingkupi kerjasama yang komperehensif dalam pilar kesehatan. Tidak hanya peningkatan capaian kuratif dan rehabilitatif, melainkan Yayasan Orbit juga bersedia memberikan sumber dayanya dalam meningkatkan upaya pencegahan dan promosi kesehatan di masyarakat.

Masih menurutnya bahwa upaya promosi kesehatan di dua kecamatan itu akan dilakukan secara terjadwal, sehingga keberadaan organisasinya ditengah-tengah masyarakat dapat di manfaatkan sebaik mungkin oleh warga.

Syamsul panggilan akrabnya juga menambahkan sasaran pemberdayaan ini meliputi unsur yang ada di kecamatan antara lain PKK, Karang Taruna dan perkumpulan-perkumpulan lain yang berada di masyarakat. (R5)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment