Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Lagi, ODHA Ditelantarkan

Share this history on :

SURABAYA – Penelantaran ODHA (orang dengan HIV/ AIDS) tak hanya saat hidup. Saat meninggal dunia pun, jenazahnya ditelantarkan begitu saja.

Nasib malang itu diderita KL, 35,warga Surabaya Barat. KL meninggal di RSU dr Soetomo Surabaya karena TBC (tubercolosis). Sebelumnya pria tersebut sudah didiagnosa mengidap HIV.

Tragisnya, keluarga dan tetangga KL menolak memandikan jenazah yang bersangkutan. Alasannya mereka takut tertular penyakit mematikan tersebut. Akhirnya dimandikan dan dikafani oleh temantemannya dan pihak Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang bergerak di bidang HIV/ AIDS.

Peristiwa penelantaran pasien HIV/AIDS ini sudah seringkali terjadi di Kota Surabaya. Namun sampai saat ini Pemkot Surabaya masih belum memberikan solusi yang berarti.

Petugas Yayasan Orbit Selvin Pancarina menceritakan KL sudah lama mengidap HIV dan sudah lama menjalani terapi Anti Retroviral (ARV). Namun karena timbul gejala lain, KL memutus terapi ARV.“Dia meninggal pada Rabu (20/2) kemarin,“ ujarnya kemarin. 

Selvin menceritakan, aparat kelurahan setempat pun tidak bersedia menunggui dan mengawal proses memandikan dan mengkafani jenazah putra seorang budayawan terkenal di Surabaya ini Saat proses penguburan, bahkan keluarga dan para tetangga dari jenazah ini juga tak bersedia untuk hadir.

“Bahkan modin,atau petugas yang biasa memimpin pemakaman juga langsung pergi tanpa menunggu proses menguburkan usai,“ bebernya.

Menurut dia, sebelumnya KL menjalani rawat inap di Rumah Sakit DKT. Karena tidak kunjung sembuh, dia dirujuk ke RSU dr Soetomo.Dia didiagnosa terkena TBC. KL sendiri terinfeksi HIV karena perilaku berisikonya dengan mengkonsumsi narkoba suntik. KL memakai narkoba yang disuntikkan sudah sejak tahun 1995. “Dia ini pernah pakai bersama dengan saya,“ ungkap Selvin . deny bachtiar 

(sumber: http://www.seputar-indonesia.com/news/lagi-odha-ditelantarkan)

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 komentar:

Post a Comment