Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pembelajaran Program PKBI-GF R8 Fase Dua di SSR Yayasan Orbit

Share this history on :


Surabaya – Bulan Desember 2012 yang lalu merupakan periode terakhir Orbit sebagai SSR Program PKBI- GF R8 untuk fase awal selama Orbit bergabung. Dengan berakhirnya dukungan, maka berakhir pula hubungan kerjasama Yayasan Orbit selaku SSR dengan mitra kerja sejumlah 9 organisasi yang berada di wilayah kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto Raya. Namun demikian, PKBI Jawa Timur melalui mekanisme yang telah ditentukan kemudian akan melanjutkan fase dukungan selanjutnya yang dimulai pada tahun 2013.

Dalam menutup buku fase ini, menurut Asiah Sugianti selaku Program Manager dukungan PKBI-GF di SSR Orbit mengatakan banyak hal pembelajaran yang didapat dalam pengembangan program dan implementasi selama 16 bulan periode di tahun 2011 hingga 2012, baik oleh pengelola program, pelaksana lapangan maupun mitra kerjasama di internal maupun eksternal.

“Proses perjalanan program yang telah dilewati bersama, tentunya memiliki berbagai pengalaman menarik  yang penting untuk disharekan sebagai bentuk pembelajaran bersama.” ungkapnya.

Sehingga, masih menurutnya, Yayasan Orbit melakukan pertemuan sehari pembelajaran dukungan PKBI-GF (22/1) di Wisma Pendidikan Cipunegara Surabaya yang dihadiri oleh 40 orang lebih  berasal dari Petugas Lapangan dan Koordinator Lapangan di tiga distrik.

Dia menambahkan bahwa pembelajaran ini manfaatnya tidak hanya ditujukan pada internal organisasi, melainkan juga dapat menjadi bahan pembelajaran bagi organisasi lain. “Keluaran dari kegiatan ini berupa rekomendasi. Hasil ini akan menjadi bentuk perbaikan untuk menjalankan strategi program ke depan” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Alex Kurniawan  bahwa pertemuan pembelajaran bersama ini sangat penting dalam memperkuat exit strategi para pelaksana program. Pasalnya, meski upaya itu sudah dilakukan oleh team sejak 3 bulan yang lalu, namun modalitas pengalaman yang didukung komitmen penuh dari organisasi pelaksana program menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan.

Alex yang saat ini menjadi Koordinator Distrik Kabupaten Sidoarjo menjelaskan bahwa pertemuan pembelajarannya ini diharapkan tetap memompa semangat dan motivasi para pelaksana program untuk termotivasi dapat melakukan upaya penangulangan HIV dan AIDS dengan ada ataupun tidak adanya dukungan agar tetap dapat berjalan. (OR7)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment