Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Satu Nama Dampingi Penguatan Organisasi Orbit

Share this history on :
Surabaya (Orbit) – Dalam klausul kerjasama dengan SUM Program salah satu konsentrasinya merupakan penguatan organisasi mitra. SUM dalam memperkuat organisasi mitranya di Jawa Timur melakukan kerjasama dengan Satu Nama, sebuah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemberdayaan masyarakat melalui pendampingan, advokasi, dan pelatihan yang berdomisili di Sleman, Yogyakarta.

Hal ini diungkapkan oleh Meytha Nurani sebagai Koordinator SUM Program wilayah Jawa Timur saat kegiatan pendampingan oleh Satu Nama di Yayasan Orbit, Kamis (12/1). Menurutnya ditahun ini Yayasan Orbit dapat memperkuat legalitas status organisasinya, termasuk merefleksi Anggaran Dasar (AD) dan rencana strategi maupun rencana kerja tahunan melalui kerja-kerja dengan Satu Nama.

“Semua tergantung dari review performa organisasi mitra. Selanjutnya mitralah yang menentukan prioritas penguatan internal organisasi dengan Satu Nama” terangnya. Ia juga mengatakan bahwa performa organisasi telah dijajaki SUM pada tahun sebelumnya. Sehingga saat ini diperlukan juga oleh Satu Nama dalam mendapatkan informasi performa terkini atas organisasi yang di dampingi.

Budi Susilo dari Satu Nama menerangkan bahwa pendampingan ini merupakan rangkaian kegiatan yang bersifat internal kepada masing-masing mitra organisasi SUM maupun secara kolektif kepada seluruh mitra untuk peningkatan kapasitas. Budi yang saat ini menjabat sebagai ketua pengurus Satu Nama menjelaskan bahwa dalam satu tahun ini organisasinya merencanakan kegiatan bimbingan teknis internal, antar lembaga mitra dan lokakarya.

Sebagai generasi ketiga di organisasi Satu Nama, Budi juga mengungkapkan dalam perencanaan kerja dengan Orbit, penentuan jadwal juga harus disesuaikan dengan 7 organisasi mitra SUM di Jawa Timur. Menurutnya, jika jadwal sudah ditentukan oleh mitra-mitra SUM, maka Satu Nama akan menentukan kerangka kerja waktu pendampingan bersama tim. “Usulan waktu ini akan kami konsolidasikan termasuk hasil dari review performa terkini”, ungkapnya. (RS)


Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment