Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Laporan Yayasan Orbit Tahun 2010

Share this history on :
Selama ini Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kerap sekali menerima pandangan yang negatif dari kebanyakan masyarakat umum dan pemerintah. LSM sering diartikan sekelompok orang yang radikal, nonkompromi, prolingkungan, antikemapanan, dan selalu meminta pertanggungjawaban pemerintah mengenai kewajibannya. Sehingga para pemimpin di pemerintahan mengangap mereka sebagai batu sandungan dalam menjalankan program-programnya. Selain itu, pandangan di masyarakat selama ini dikait-kaitkan dengan peran LSM untuk mencari keuntungan. Hal ini terlebih ketika LSM JPS (Jaring Pengaman Sosial) beberapa tahun yang lalu bermunculan, banyak LSM yang menawarkan dirinya menjadi kontraktor pelayanan umum proyek pemerintah. Dengan demikian akuntabilitas publik terhadap LSM kerap menjadi pertanyaan terkait pengelolaan sumber dayanya.

Akuntabilitas publik terhadap LSM harus segera di respon, salah satu hal yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan Good NGO Governance (GNG). Komponen untuk melaksanakan GNG ini diantaranya menyangkut empat hal, yaitu keadilan, transparansi, akuntabilitas, dan tanggung jawab. Diantara keempat komponen ini di dalamnya terdapat aspek pelaporan keuangan dan pelaporan kegiatan. Aspek ini menjadi penting ketika LSM ingin akuntabilitasnya di akui oleh publik. Tentunya aspek ini tidak hanya di tujukan kepada penyandang dana dan para pendiri LSM, melainkan karena mereka adalah bagian dari dan milik masyarakat, maka laporan ini dapat juga diakses oleh masyarakat.

Dalam rangka menuju LSM yang memiliki akuntabilitas publik , Yayasan Orbit melalui program “Penggurangan Dampak Buruk HIV/AIDS pada Pengguna Napza Suntik (Penasun) dan Pasangannya di Kota Surabaya” dengan dukungan Dana Kemitraan Indonesia (DKIA) mengeluarkan pelaporan tahunan sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada penyandang dana, masyarakat dan pemangku kepentingan. Laporan tahunan ini menggambarkan kegiatan yang telah dilakukan, capaian program, indikator keberhasilan dan lain sebagainya guna mendukung Strategi Nasional dan Rencana Aksi Nasional tahun 2007-2010 dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Indonesia yang merupakan program pemerintah. Sehingga dengan adanya laporan ini diharapkan dapat memberikan konstribusi yang nyata untuk pembangunan masyarakat di Indonesia dalam mendukung pencapaian Millennium Development Goals (MDG) serta diharapkan dapat memperkuat komitmen pemimpin daerah dan masyarakat demi keberlangsungan pelaksanaan kegiatan program di masa yang akan datang.


Surabaya, 15 Maret 2011


Rudhy Wedhasmara, SH.
Direktur Program Yayasan Orbit

Download laporan Yayasan Orbit tahun 2010 disini
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

2 comments:

Anonymous said...

Setiap LSM sudah semestinya melaporkan kegiatan yang dilakukan. wajib hukumnya LSM memberikan laporan kepada ndoronya, baik laporan kegiatan maupun keuangan. Namun kadang LSM alergi terhadap monetoring dan evaluasi. LSM yang baik adalah LSM yang sering mendapatkan monetoring dan evaluasi.

Joko said...

Mantap, tp juga perlu dicermati bahwa pelaku monev kepada LSM adalah siapa?, jika yg melakukan monev kepada LSM adalah pemerintah, maka hal ini sangat tidak relevan dikarenakan seharusnya LSM lah yang menjadi bagian penjembatan masyarakat untuk melakukan monev kepada pemerintah, tapi yang terjadi saat ini adalah sebaliknya.

Post a Comment