Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pelatihan Menulis Berita Dengan AJI Surabaya

Share this history on :
Surabaya – Situasi secara umum bahwa pemberitaan tentang HIV dan AIDS hanya lebih banyak di angkat mengenai jumlah kasus. Berdasar atas situasi itu, SUM Program dan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan pelatihan “Publik Advocacy melalui Media Cetak”, Kamis (17/11).

Kegiatan yang diselenggarakan di sekretariatan KPA Provinsi daerah Darmawangsa ini berlangsung selama 2 hari. Pelatihan yang dilakukan bekerjasama dengan AJI Surabaya ini akan disampaikan sesi-sesi tentang model berita, prinsip-prinsip penulisan berita dan menentukan cerita serta membuat perencanaan penulisan.

Menurut Meytha Nurani sebagai panitia yang berasal dari SUM Program Jawa Timur, pelatihan ini ditujukan kepada masyarakat sipil yang bergerak di bidang penanggulangan HIV dan AIDS agar memunculkan cerita-cerita sukses tentang gerakan positif pencegahan dan penanggulangan yang sebenarnya sudah terbangun kuat dilapangan.

Meytha sapaan akrabnya mengatakan bahwa cerita sukses yang ada di lapangan dapat menjadi alat untuk merubah paradigma masyarakat terhadap HIV dan AIDS. “Sehingga isu ini tidak lagi di hindari, tetapi menjadi isu publik yang harus di respon oleh semua pihak” ungkapnya disela-sela sesi pelatihan.

Selain itu, masih menurut Meytha, hal ini dapat menjadi salah satu strategi advokasi publik yang dapat dilakukan oleh masyarakat sipil. Sehingga masyarakat sipil mampu mengemas cerita-cerita lapangan menjadi sebuah berita yang dapat diangkat di media cetak dalam menginspirasi masyarakat untuk merespon HIV secara positif.

Pelatihan yang di ikuti oleh 15 orang berlatarbelakang dari 9 organisasi masyarakat sipil ini direncanakan pada hari terakhir akan turun lapangan bersama dengan anggota AJI Surabaya. Turun lapangan ini dipergunakan untuk mendapatkan gambaran awal cerita yang akan diangkat oleh para peserta dengan keluaran akhir sebuah artikel tentang HIV dan AIDS. (RS)

Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment