Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Pengembangan Komunitas

Share this history on :
Dalam kehidupan bermasyarakat, di suatu komunitas tidak dapat dipungkiri bahwa disadari maupun tidak, terdapat permasalahan dan kebutuhan yang selalu di hadapi. Dampak yang kemudian timbul tidak hanya terjadi pada komunitas itu sendiri melainkan relasi sosial lainnya ikut pula mengalami.

Pada akhirnya pengembangan komunitas menjadi suatu alat yang dapat dilakukan dalam proses pemberdayaan untuk meminimalisir bahkan menghilangkan persoalan yang dihadapinya. Komunitas merupakan pihak yang paling mengetahui dan memahami masalah, kebutuhan, potensi dan situasi fisik/ sosial yang terjadi dilingkungannya. Sehingga pengembangan komunitas merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Terdapat tiga pilar yang perlu dilakukan komunitas untuk memperoleh tujuan yang ingin di capai. Ketiga pilar ini yaitu pengorganisasian; melakukan advokasi dan; berjejaring. Serangkaian kegiatan untuk melaksanakan pilar tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan konsep pemberdayaan. Konsep ini merupakan rangkaian yang tidak baku satu sama lain, namun memiliki satu kesatuan yang tidak akan optimal jika terpisah yakni kesejahteraan, akses, kesadaran kritis, pastisipatif, kontrol atau kuasa.

Dalam keseluruhan proses ini memiliki rangkaian dasar yang berupa perencanaan, refleksi dan pelaksanaan yang dapat dilakukan berulang-ulang hingga tujuan target dapat tercapai. Adapun rangkain proses ini dapat mengambil contoh dari gambar di bawah ini:

gam 10


Anda dapat melakukan sesuatu mulai dari sekarang atas informasi dasar ini. Anda dapat berbuat untuk anda sendiri, komunitas anda dan lingkungan masyarakat anda. Karena anda merupakan bagian dari solusi seperti halnya yang kami lakukan yakni dari pecandu, oleh pecandu dan untuk pecandu.(SINyo)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment