Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Kurangi Dampak Buruk Napza Suntik, Orbit Libatkan Pecandu

Share this history on :
Surabaya - Yayasan Orbit melibatkan para pengguna narkoba suntik (Penasun) dalam melaksanakan program dalam rangka pengurangan dampak buruk narkoba. Ini merupakan upaya dukungan moral kepada penasun untuk mengubah perilaku mereka dari pengguna aktif menjadi pasif.

Keterlibatan Penasun dalam program orbit ini diwujudkan upaya pengkaryaan mereka dalam ralawan advokator komunitas. Mereka dilibatkan secara aktif dalam rangka membangun dan membentuk kesadaran kritis penasun untuk upaya penanggulangan HIV/AIDS. Karena tanpa adanya keterlibatan mereka, program-program penanggulangan HIV/AIDS kecil kemungkinan akan berhasil.

Ali Subchan, Advokator komunitas Yayasan Orbit, mengemukakan dalam upaya pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS, keberhasilan tergantung kepada perubahan perilaku beresiko. Perubahan ini antara lain mencakup pembangunan dan pembentukan pola pikir agar mempunyai kesadaran kritis terhadap komunitas yang berperilaku beresiko ini.

Membangun dan membentuk kesadaran kritis ini dilakukan dengan kegiatan yang berbasis pada pengguna napza suntik. Karena proses pembentukan kesadaran kritis itu dilakukan atas dasar kepedulian, kebutuhan, dan tujuan.

Dalam strategi yang dikembangkan pelatihan relawan advokator community ini merupakan intervensi yang diharapkan dapat memberikan manfaat khasanah keilmuan bagi penasun.

Dengan demikian, pada dasarnya pelatihan relawan advokator community dengan pembangunana kesadaran kritisnya merupakan sebuah upaya pemberdayaan bagi pengguna napza suntik, sehingga dengan pelatihan ini memungkinkan bagi pengguna napza suntik mampu menyuarakan dan ikut merumuskan perubahan pada sistem kebijakan dan menjadi leader di komunitasnya.

Rekrutmen terhadap pengguna napza suntik sebagai relawan advokator community di yayasan orbit dilakukan pada Selasa (23/2) di kantor Orbit Jalan Bratang Binangun Vc No 54. Penasun yang akan dijadikan relawan sebanyak 15 orang dengan kategori mampu menginisiasi komunitas, paham terhadap Hak Asasi Manusia (HAM), dan menjadi leader di komunitasnya. (ali)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

7 comments:

Anonymous said...

temen2 jgn pake subutek dong...!!!
minum proten aja biar sehat!!!!

Anonymous said...

dari pada pakai subutex, mending pakai heroin sintetik alias metadon!!, murah, legal, aman dan ada pengawasan medis...

Anonymous said...

subutex/subuxon/metadon..codein..kamlet..proten..procold..promak..PODHO"AE>>
Alias bahan bakar buat pecandu.dalam konsep adiksi "idealnya adalah abstinance,,pecandu kl ingin berhenti nyari_nya yg aman,murah&legal..wis gak mandek2 akhire..teruss dadi jungkies ae,,karena sejatinya itu semua cm subtance.jare arek solo, nek numpak motor kwi cm muter2..!!tp itu adalah pilihan kok..,,??// hehehh..heh..h..lukas1976

Anonymous said...

Betul, memang pilihan...
tapi perlu diingat bahwa pecandu ga bisa langsung berhenti alias abstinance.

Cara ini adalah cara pilihan pengurangan yang berangsur-angsur menuju abstinance...

Anonymous said...

Kalau bisa klinik heroin sekalian...

Ada pengawasan medis, pemerintah dapat pajaknya, aman bagi pecandu dan masyarakat thd aspek kesehatan, perekonomian, tindak kejahatan,dll.

Tp yang paling penting adalah heroin tidak dipasar gelap, kalo dipasar gelap yg untung bukan bandarnya saja tapi bekingnya bandar alias keparat penegak hukumnya dan yg lebih utama pecandu tidak menjadi sasaran tembak lagi (penyiksaan, pemerasan, pelecehan, dll) yang mengarah pelanggaran HAMnya.

pocketrockets011@rocketmail.com said...

Sebenarx kt bisa mematikan peredaran narkoba itu sndri..hal plng mudah bagi kt yg sdh prnah mrsakan sakit,teraniaya oleh kebiadaban putaw adalah memperlihatkan smua keburukan/dampak putaw di diri kita kepada teman2/adek2 yg mgkin bru pemula/mau mencoba2(belum terjerumus)hingga mereka bs sadar akan resiko & bahaya yg bs ditimbulkan dri hal "COBA-COBA" namun "MEMATIKAN"..ayo kita MATIKAN PEREDARAN NARKOBA mulai dri sekitar lingkungan kita SOB !!

pocketrockets011@rocketmail.com said...

1 hal yg pasti "jika kau tdk segera MEMATIKAN PENYEBARAN JARINGAN NARKOBA maka sudah pasti NARKOBA YG AKAN MEMBUNUH KITA & GENERASI DEPAN..bisa sj saudara,sepupu,anak,ponakan kita akan jdi KORBANnya..harap teman2 bs sharing info keteman yg lain#thank you brother# ;)

Post a Comment