Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Forum AIDS Jawa Timur Serupa Bentuk KPA

Share this history on :

Surabaya - Dalam merespon tantangan penanggulangan serta memberdayakan potensi lembaga lokal peduli HIV dan AIDS di Jawa Timur. Para pemerhati senior di penanggulangan AIDS menginisiasi pembentukan forum jejaring peduli AIDS (18/3) di kota Surabaya. Pertemuan yang diadakan di Puslitbang Sistem dan Kebijakan Kesehatan – Kementrian Kesehatan di jalan Indrapura ini dihadiri peserta sejumlah 88 orang yang berasal dari perseorangan dan lembaga di lebih 7 kota pada provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Wenita Indrasari assisten deputi urusan riset dan pengembangan KPA Nasional memaparkan strategi nasional tahun 2010 berikut situasi umum prevalansi HIV. “Layaknya forum peduli AIDS di DKI, itu berada dikoordinasi dengan KPA Provinsi bukan dengan KPAN” ucapnya ketika disodorkan pertanyaan oleh peserta tentang respon pembentukan forum di tataran Komisi Penanggulangan AIDS Nasional.

Meski kehadiran peserta yang semakin berkurang dalam proses akhir pembentukan, namun ini tidak mematahkan semangat sebagian peserta yang hadir untuk dapat menyelesaikan membentuk forum ini. Pertemuan ini akhirnya mensepakati wadah yang dibentuk berupa forum peduli AIDS dengan wilayah Matraman, Tapal Kuda, Pantura, Arek dan Madura. Sedangkan dalam perangkatnya, di bentuk pula kepengurusan komite yang mewakili masyarakat sipil di wilayahnya. Komite ini diketuai oleh Dr Rachmat Hargono, dr., MPH yang terpilih secara aklamasi melalui 44 orang peserta.

Menurut Aris Maulana peserta yang berasal dari Yayasan Orbit Surabaya, pembentukan forum ini cukup menarik dengan pertimbangan bahwa pemerintah dalam hal ini diwakili oleh Puslitbang-nya Menteri Kesehatan terlibat dalam inisiasi pembentukan ini. “Bisa jadi, apakah ini dimunculkan untuk menandingi KPA?” ujarnya sambil terus menganalisa proses pembentukan forum ini. Baginya akan lebih tepat forum ini dapat menjadi alat sebagai sistem kontrol penanggulangan AIDS di tingkat provinsi. “Mirip dengan UNGASS, tapi ini level provinsi” terangnya dengan tetap berharap bahwa forum ini dapat berperan sebagai wadah gerakan advokasi dan pengawas kebijakan serta pelaksana penanggulangan AIDS.(SINyo)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

3 comments:

dfc surabaya said...

Kayaknya ga ada kepikiran menandingi KPA... justru bermitra dengan KPA buktinya mengundang KPA untuk hadir menyampaikan SRAN pananggulangan HIV dan AIDS 2010-2014, sekaligus sebagai peserta peninjau...
Apakah forum ini akan mati suri seperti forum-forum yang lain??? semua kembali pada komitmen "anggota" forum khususnya yang sepakat ikut menjadi pendiri forum ini...
Sukses buat ORBIT untuk update info terbaru...

(berbeda bukan berarti tidak bisa melangkah bersama... he he he)

Anonymous said...

mantab buat orbit yang langsung up date tentang pertemuan jaringan peduli aids. menurutku forum ini akan menjadi pisau bermata dua, satu sisi akan mendukung peran pemerintah namun forum ini bisa menjadi penghantam pemerintah jika kinerja nya mbalelo.
pungkas_akar.

Rachmat Hargono said...

Wah terimakasih atas respons yang begitu cepat.
Memang awal pemikiran pembentukan forum ini adalah untuk menggalang kebersamaan semua pihak yang peduli terhadap masalah HIV-AIDS dengan asumsi dasar bahwa masalah HIV-AIDS tidak mungkin hanya ditangani oleh KPA-Kesehatan....katakanlah forum ini adalah wadah menyatukan langkah dalam penanggulangan masalah HIV-AIDS. So...forum ini akan menjadi mitra pemerintah dalam penanggulangn HIV-AIDS, misal memberikan rekomendasi yang relevan, tapi juga bisa mengkritisi kebijakan pemerintah yang kita pandang kurang berpihak. (kayaknya senada dengan apa yang diungkap mas Anonymous)
Bagaimana caranya...? Marilah kita bersama memberikan kontribusi untuk tujuan tersebut lewat forum tersebut.

Post a Comment