Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Reaktivasi Pokja Harm Reduction Tingkat Provinsi dan Kota

Share this history on :







Surabaya, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Nasional bekerjasama dengan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC) Indonesia melakukan rangkaian roadshow ke tujuh provinsi dalam penguatan maupun reaktivasi kelompok kerja (pokja) Harm Reduction di tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten.

Kegiatan ini menurut Arif Rachman selaku pengelola program dari KPA Nasional dilakukan sepanjang bulan April dan Mei 2015. Ripe pangilan akrab Arif mengatakan bahwa kegiatan ini akan dihadiri oleh seluruh lintas sektor yang berasal dari unsur penegak hukum, penyedia layanan, LSM dan stakeholder yang menjadi keanggotaan pokja Harm Reduction setempat.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan membentuk forum koordinasi lintas sektor antara Pokja Harm Reduction tingkat kabupaten/kota dan Provinsi; meningkatkan persepsi dan pemahaman anggota pokja mengenai situasi terkini mengenai penanganan persoalan ketergantungan napza dan penularan HIV/AIDS pada pengguna napza suntik dan mengidentifikasi keberhasilan, persoalan dan tantangan implementasi program di tingkat kabupaten/kota yang perlu direspon oleh Pokja Harm Reduction di tinggkat provinsi.

Menurutnya pertemuan ini diharapkan memperoleh hasil adanya forum koordinasi lintas sector antara tim Pokja Harm Reduction tingkat kabupaten/kota dan provinsi terbentuk; anggota pokja memahami situasi terkini mengenai penanganan persoalan ketergantungan napza dan penularan HIV/AIDS pada penasun dan adanya peta situasi dan tantangan implementasi program harm reduction di tingkat kabupaten/kota teridenifikasi untuk ditindak-lanjuti oleh tim Pokja tingkat provinsi.

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris KPA Provinsi Jawa Timur ini menghadirkan nara sumber tingkat kota/kabupaten untuk berbagi pengalaman dan capaian atas kinerja dalam menjalankan program Harm Reduction. Seluruh hasil berbagi pengalaman ini selanjutnya dibahas untuk memperoleh peran strategis dengan adanya keberadaan pokja Harm Reduction.

Syamsul Arifin perwakilan peserta dari LSM mengatakan mengapresiasi atas kegiatan ini. Menurutnya kegiatan oleh Nasional ini menginggatkan para pelaku Harm Reduction baik tingkat Provinsi maupun Kota/Kabupaten untuk satu padu dalam mengatasi persoalan dan tantangan implementasi program. 

"Kegiatan ini perlu di tindaklanjuti setelah pertemuan ini. Pokja Provinsi dan Kota/Kabupaten harus bisa nge-klik koordinasinya" ucapnya. Dia juga menambahkan bahwa keberlangsungan layanan program Harm Reduction juga menjadi penting untuk direspon oleh banyak pihak yang terkait. (V)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment