Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

SUM Program: Pertemuan Pimpinan Organisasi AIDS Jatim

Share this history on :

Surabaya (Orbit) – Scaling Up the HIV Response among Most-at-risk Populations yang selama ini biasa disebut Program SUM. Program ini merupakan bentuk dukungan dan kerjasama pemerintah Indonesia dan Amerika dalam upaya penanggulangan HIV di Indonesia yang berjalan mulai tahun 2010 sampai 2015.

Pada saat ini program SUM di Jawa Timur telah mendukung enam organisasi yang berada di kota Surabaya dan Malang Raya. Keenam organisasi ini bergerak di isu HIV dan AIDS dengan fokus konsentrasi kepada populasi resiko tinggi yang antara lain pada kelompok pengguna narkoba suntik, wanita pekerja seks, waria dan lelaki suka laki.

Di Jawa Timur, dukungan program SUM telah memasuki akhir tahun ke-3 di bulan Agustus 2013. Menurut Meytha Nurani perlu dilakukan pertemuan pimpinan organisasi (4/6) untuk dapat mengintegrasikan kegiatan organisasi yang satu dengan yang lainnya.

“Sisa waktu dua bulan perlu dilakukan pemetaan kegiatan yang dapat dilakukan bersama oleh masing-masing organisasi dalam kegiatan pelaksanaan program” ujar Meytha.

Meytha yang saat ini menjadi koordinator wilayah SUM di Jawa Timur menambahkan bahwa tujuan pertemuan berdasar atas serapan anggaran dari mitra kerja SUM yang hingga saat ini hanya mencapai rata-rata 60-70%, sehingga menurutnya perlu duduk bersama untuk dapat melakukan kegiatan secara bersama-sama.

Pasalnya, menurut dia banyak kegiatan yang memungkinkan untuk dilakukan bersama, meski wilayah Surabaya dan Malang berbeda karakter namun ada kemiripan kebutuhan.

Pertemuan yang dihadiri oleh pimpinan organisasi dari Gaya Nusantara, Genta, Perwakos, Igama, Paramitra, Orbit menghasilkan beberapa poin kesepakatan. Kesepakatan ini diantaranya kegiatan kajian anggaran APBD, pembuatan film dan buku, penguatan forum MK, comcare data penjangkauan, kegiatan kampanye ke media, stakeholder dan sektor privat, serta advokasi kebijakan lokal baik Perda, Perwali dan Perbup. (ViN)  
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment