Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Satunama Perkuat Advokasi di Organisasi Mitra

Share this history on :
Domin Dhamayanti menjelaskan rangkaian advokasi 

Surabaya – Penguatan organisasi yang merupakan kerjasama dengan Satunama memiliki rangkaian agenda dalam meningkatkan kapasitas organisasi mitra mengenai advokasi. Dalam periode ini, Satunama telah menyelenggarakan pelatihan advokasi dengan beberapa pematerinya adalah Usman Hamid yang merupakan salah seorang mantan pimpinan dari Kontras dengan menyampaikan pemaparan tentang advokasi melalui media sosial.

Pasca pelatihan tersebut ditindaklanjuti dengan pertemuan reguler oleh Domin Dhamayanti yang ditunjuk sebagai koordinator area Surabaya dari Satunama di Yayasan Orbit (13/6). Domin mengungkapkan bahwa pertemuan ini memiliki tujuan untuk memperkuat pentingnya advokasi yang dapat dilakukan oleh organisasi. “Thing tank, managerial dan organizing merupakan elemen yang harus dapat disinergikan oleh internal organisasi” katanya. Menurutnya jika elemen itu dapat berjalan, maka tidak hanya advokasi saja melainkan banyak hal dapat dilakukan oleh organisasi, termasuk yang tidak kalah penting adalah kemandirian dan keberlangsungan program-program yang ditujukan pada masyarakat.

Domin menambahkan bahwa pelatihan advokasi ini selain adanya pertemuan reguler dimasing-masing organisasi mitra, selanjutnya ditindaklanjuti dengan pelatihan penyusunan instrumen advokasi sesuai bidang masing-masing yang diagendakan di selenggarakan pada akhir bulan Juli ini.

Secara terpisah, Selvi Pancarina yang merupakan salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa pelatihan ini bermanfaat bagi kerja-kerja yang dilakukan di kesehariannya. Pasalnya, menjadi petugas lapangan yang berinteraksi dengan kelompok dampingan berlatarbelakang pengguna Napza tidak lepas dari sejumlah persoalan yang selalu dihadapi. Menurutnya persoalan tidak hanya menyangkut secara individual ataupun kelompok, melainkan juga pada tahapan struktur tatanan sosial di masyarakat. “Semoga saja peningkatan kapasitas tentang advokasi ini kemanfatannya dapat dirasakan oleh kelompok dampingan” paparnya. Dia menambahkan bahwa informasi yang didapat dari pelatihan tersebut telah dibagi-bagikan ke rekan-rekan di organisasi dan kelompok dampingannya. Selain itu, dia juga menegaskan bahwa saat ini sedang mengagas kegiatan advokasi yang dilakukan bersama kelompok komunitas. (RS)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment