Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Rehabilitasi Solusi Utama Pengguna Napza

Share this history on :
Surabaya - Pecandu narkoba adalah korban peredaran gelap narkoba, bukan kriminal. Mereka adalah manusia biasa yang terganggu kesehatannya oleh narkoba. Mereka harus diobati, bukan disingkirkan atau dijauhi.

Demikian diungkapkan Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Menur, dr Hendro Riyanto, dalam pertemuan koordinasi penanggulangan penyalahgunaan Napza di Dinas Sosial Kota Surabaya, Senin (29/3). Dikatakan Hendro pecandu napza apabila dijauhi atau dijadikan sasaran hukum malah akan menjauh. Bukan malah menghilang tetapi malah membentuk komunitas sendiri yang justru malah akan menjauh (hidden community).

"Apabila mereka sulit untuk dijangkau, maka sulit pula penanganannya. Ini sangat berbahaya, karena pecandu narkoba suntik ini paling banyak kontribusinya dalam penyebaran HIV/AIDS," katanya.

Penanganan korban narkoba suntik saat ini, kata Hendro, tidak lagi harus dengan pidana. Tetapi melalui pendekatan mental supaya pecandu ini mampu mengubah perilaku dari pemakai narkoba menjadi berhanti atau tidak memakai. Salah satu cara yang pokok dan paling solutif adalah dengan rehabilitasi.

"RSJ Menur, tahun 2009 telah membuka kembali layanan rehabilitasi narkoba. Sebelumnya layanan rehabilitasi ini sudah ada sejak 2002, namun karena ada embel-embel RSJ itu maka kebanyakan pasien memaksa untuk pulang. Stigma RSJ ini yang kemudian menjadikan pecandu tidak mau lagi direhab di Menur. Disangkanya habis gila," katanya.

Hal ini didukung oleh Kepala Dinas Sosial Kota Surabaya, Drs Eko Hariyanto, bahwa rehabilitasi sosial adalah cara yang manusia untuk penanggulangan penyalahgunaan Napza. "Di Surabaya, saat ini sangat diperlukan tempat rehabilitasi bagi penyalagunaan Napza. Oleh karenanya, kita harus lakukan sharing berlanjut untuk membicarakan bagaimana konsep rehabilitasi bagi pengguna narkoba ini," katanya.

Apalagi, lanjut Eko, penerapan UU Narkotika No 35 Tahun 2009 penyalahgunaan narkoba suntik tidak lagi dipenjara, melainkan direhabilitasi. "Ini mendesak bagi Surabaya untuk dibentuk tempat rehabilitasi. Kita sudah bersyukur, RSJ Menur sudah membuka kembali, namun kita harus bicarakan lebih jauh fasilitas dan sarana prasarananya bagaimana. Tadi seakan, pak Hendro agak malu-malu mengatakan sarana prasaranya. Makanya perlu sharing lebih lanjut," katanya. wto
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

3 comments:

scott theodora said...

Apakah Anda berpikir tentang mendapatkan pinjaman? Apakah Anda serius membutuhkan pinjaman mendesak untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda dalam utang? Ini adalah kesempatan Anda untuk mencapai keinginan Anda, kami memberikan pinjaman pribadi, pinjaman komersial dan pinjaman usaha dan segala macam pinjaman bunga 2% untuk informasi lebih lanjut hubungi kami melalui email (theodoraloanfirm@gmail.com)

WAHYUNI ELVIN said...

Halo semua orang yang melihat ini di seluruh dunia, ada banyak scammers di situs ini, saya punya kabar bagus untuk dibagikan. Tolong bergabunglah dengan saya untuk bahagia dan bersyukur kepada perusahaan pemberi pinjaman. Saya baru saja mendapat pinjaman dari ELINA JOHNSON LOAN FIRM yang sah. Ini adalah bagaimana saya mendapatkan kontak mereka. Saya melihat kesaksian Nyonya Nuliana Novi dari Indonesia di forum ini tentang bagaimana dia mendapatkan pinjaman darinya dan dia memberi mereka email kepada semua orang "elinajohnson22@gmail.com" jadi saya segera mengirim email kepada mereka dan mereka menanggapi email saya, Jujur saja, Awalnya saya sangat takut karena saya telah kehilangan uang saya dengan begitu bodoh sebelumnya. Tapi, saya terkejut bahwa kurang dari 3 jam setelahnya, pinjaman sebesar RP 700.000.000, saya mengajukan permohonan untuk benar-benar dipindahkan ke akun saya. Seluruh proses itu sederhana. Dan pinjaman darurat pada tingkat 2% saya mendapat cepat Tidak ada biaya. Tidak ada penjamin yang dibutuhkan dari saya. Sampai sekarang, saya masih merasa sulit untuk percaya bahwa itu benar. Kupikir aku sedang bermimpi saat mendapat peringatan dari bankku. Sekarang hatiku dipenuhi dengan sukacita. Saran saya sederhana untuk setiap orang yang mencari dorongan tulus untuk mendapatkan jumlah pinjaman yang sah untuk memulai bisnis atau untuk membiayai sebuah proyek adalah dengan mengirim email kepada mereka sekarang dan Anda akan terkejut betapa saya terkejut. Saya ingin berterima kasih terutama kepada Nuliana novi untuk memberikan kontak mereka di forum ini. Dan jika Anda memanggil mereka dan mendapatkan pinjaman dari mereka, tolong sebarkan kabar baiknya sehingga orang lain juga bisa mendapatkan keuntungan. Terima kasih, email mereka lagi ^elinajohnson22@gmail.com
^, Nama saya Wahyuni ​​Elvin Hubungi saya, ini email saya wahyunielvin@gmail.com
 Catatan: semua scammers meminta biaya pendaftaran, hati-hati, semuanya scam. Semoga tuhan memberkati kalian semua
Terima kasih

Ashley Alex said...

Halo Pemohon, saya adalah Nyonya Ashley Alex,

Saya adalah pemberi pinjaman pinjaman, saya ingin Anda tahu bahwa saya akan dapat menawarkan jenis pinjaman apa pun yang Anda lamar. Saya ingin Anda tahu bahwa saya adalah pemberi pinjaman yang disetujui dan bersertifikat dengan pengalaman bertahun-tahun dalam memberikan pinjaman dan saya Memberikan agunan agunan atau non agunan mulai dari $ 2,000.00 - $ 500,000,000.00 USD dengan tingkat bunga tetap sebesar 3% setiap tahun.

Saya akan menikmati kesempatan untuk berbisnis dengan Anda dan juga membantu mengatasi masalah keuangan Anda di belakang Anda dengan menawarkan pinjaman kepada Anda. Anda berada di tempat yang tepat dan saya ingin meyakinkan Anda bahwa Anda akan senang mengetahui pemberi pinjaman seperti saya. Jika serius dan ingin mengambil pinjaman dari perusahaan kami, isilah informasi peminjam di bawah sehingga kami dapat memulai pemrosesan pinjaman Anda. Nama perusahaan kami SMITH FINANCIAL LOAN COMPANY.

Email saya oleh: serviceguaranteeloanfirm212@hotmail.com

INFORMASI BORROWERS

Nama Anda:
Negaramu:
Kotamu:
Alamat Anda:
Pekerjaan Anda:
Status perkawinan anda:
Status Saat Ini di Tempat Kerja:
Nomor telepon:
Pendapatan bulanan:
Durasi Pinjaman:
Jumlah pinjaman:

Terima kasih dan berharap bisa segera mendengar kabar dari Anda, agar kami dapat mengirimkan Syarat dan Ketentuan Pembayaran dan Pelunasan pinjaman

Email saya oleh: serviceguaranteeloanfirm212@hotmail.com
 
Atau silakan hubungi whatsapp via +2347037572807

Tanggapan cepat Anda terhadap surat ini akan sangat dihargai.

Salam Hormat
Nyonya Ashley Alex,

Post a Comment