Our Right To Be Independent | Members area : Register | Sign in

Orbit Update News

Menumbuhkan Sikap Kritis melalui Support Group

Share this history on :
Surabaya - Pecandu tidak ingin terus-terusan hidup dalam bayang-bayang narkoba. Mereka ingin hidup sehat dan mempunyai pikiran kritis terhadap kehidupan sosial.

Para pasien substitusi oral "subutex" yang ada di dr Handoko menginginkan adanya kelompok dukungan atau komunitas antar pemakai subutex, seperti halnya metadhon treatment center (MTC).

Dofi, salah satu pecandu yang tinggal di jalan Irian barat (Irba) ini ingin pengguna subutex membentuk sebuah kelompok kecil, yang mana kelompok ini nantinya diharapkan akan menjadi induk sebuah komunitas subutex di Surabaya yang kreatif.

"Kelompok ini diharapkan bisa mewadahi kreatifitas para pecandu subutex, misalnya bisa nyablon, membuat kerajinan sangkar burung, atau lain-lain yang itu bisa mendatangkan uang," katanya.

Yayasan Orbit, sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang pengurangan dampak buruk narkoba, memfasilitasi mpara penasun ini membentuk sebuah komunitas. Melalui program support group (SG) milik Yayasan Orbit ini, keinginan mereka bisa terwadahi.

Harapannya, dengan kesadaran membentuk sebuah kelompok dukungan ini bisa mengubah perilaku penasun untuk tidak lagi menggunakan narkoba khususnya narkoba suntik.

Dedit, community organizing Orbit mengatakan mengubah perilaku para pecandu harus dilakukan secara pelan-pelan. Salah satunya menyadarkan mereka untuk beroganisasi.

"Mereka harus digerakkan untuk berpikir yang kritis terhadap kehidupan sosial. Mereka juga manusia, yang ingin hidup sehat," katanya. (tim1)
Thank you for visited us, Have a question ? Contact on : info@orbit.or.id
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment